Manfaat Menggunakan Layanan Pemeliharaan Web dari Jasa Pembuatan Website ?

jasa web – Layanan Pemeliharaan web adalah tindakan preventif dan korektif, karena meskipun semua tindakan diambil untuk mencegah kesalahan terjadi, kenyataannya adalah insiden memang terjadi. Dan ketika ini terjadi, tujuannya adalah untuk menyelesaikannya sesegera mungkin. Penting untuk menilai dampak situs web Anda menjadi tidak tersedia. Dalam skenario ini, memiliki layanan pemeliharaan web memungkinkan Anda menerima perhatian yang dipersonalisasi untuk menyelesaikan insiden dengan segera. Selain itu, saat pengembang melakukan tugas pemeliharaan, Anda dapat fokus pada aspek strategis bisnis Anda. Seperti yang Anda lihat, bagaimanapun, pemeliharaan web merupakan investasi yang dapat melibatkan penghematan di masa depan.

Berapa banyak investasi yang dibutuhkan oleh pemeliharaan web yang berkualitas?

Logikanya, pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan enteng, karena semua tergantung kebutuhan brand Anda dan karakteristik website. Namun, jika kita dapat menyoroti beberapa faktor umum yang secara langsung mempengaruhi tingkat investasi dalam pemeliharaan web dan profitabilitasnya, seperti:

Apa artinya melakukan pemeliharaan web dan dalam hal apa memerlukan investasi dan biaya?

Pemeliharaan web, sebagian besar, merupakan investasi, karena terutama berorientasi pada tugas-tugas pencegahan yang memungkinkan untuk mencegah biaya tambahan yang terkait dengan memperbaiki masalah.

Tentu saja, pada saat yang sama itu memerlukan pengeluaran yang dapat kita nilai sebagai “pengeluaran”, yang ditujukan untuk menyelesaikan kesalahan atau kekurangan tertentu di situs online.

Tapi, yang pasti, bagaimana seharusnya Anda mendistribusikan anggaran pemeliharaan web Anda dan jenis layanan dan tindakan apa yang tercakup di dalamnya? Anda akan tahu!

Berikut adalah daftar pekerjaan dan proses yang singkat namun bermanfaat yang merupakan bagian dari praktik yang berkelanjutan dan sangat diperlukan ini:

Buat cadangan situs web Anda

Terlepas dari hosting situs web Anda, tugas 1.0 pemeliharaan web adalah membuat cadangan berkala di luarnya. Dengan ini tertutup, semua tindakan kontrol lainnya dapat dilakukan.

Mengapa? Jika terjadi virus, kegagalan teknis, penghapusan tidak disengaja, atau serangan dunia maya , salinan cadangan memberi Anda akses ke data penting Anda, karena salinan tersebut berfungsi sebagai cadangan informasi yang relevan dari perusahaan Anda.

Periksa kinerja situs web Anda

Memeriksa pengaturan teknis situs web Anda dari kesalahan memungkinkan Anda untuk memverifikasi bahwa itu tetap beroperasi 24/7 dengan koneksi yang stabil.

Bagian dari pemeriksaan ini bertepatan dengan pengoptimalan kinerja web ( WPO ), serangkaian teknik yang memungkinkan Anda mengurangi hambatan yang memengaruhi pengalaman pengguna.

Secara khusus, jika situs web Anda dibuat dengan CMS seperti WordPress, Anda dapat mengatasi kesalahan paling umum dengan lebih cepat dan lebih mudah, dibandingkan dengan situs web yang dibuat dari awal.

Perbarui CMS, tema, dan plugin Anda

Sistem manajemen konten seperti WordPress sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug , memperbaiki kesalahan, dan mencegah potensi kerentanan keamanan. Begitu juga tema, plugin , dan plugin untuk WordPress .

Jadi, sebagai bagian dari pemeliharaan web, memperbarui aspek-aspek ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kecepatan, kinerja, dan, tentu saja, untuk keamanan di WordPress.

Lakukan tes pada kecepatan pemuatan

Kita tahu bahwa kecepatan web adalah salah satu faktor peringkat yang paling dipertimbangkan Google. Dan ini secara langsung mempengaruhi indikator lain seperti tingkat rebound dan waktu keabadian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penyesuaian pada situs web dan hosting Anda untuk meningkatkan waktu buka . Untuk ini, alat seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix digunakan untuk menguji kecepatan pemuatan.

Mengoptimalkan variabel ini sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna, mengurangi waktu pemuatan dan, pada akhirnya, menarik lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Anda, karena pengguna menuntut halaman web yang memuat lebih cepat dan lebih cepat.

Periksa arsitektur web

Merawat arsitektur web adalah salah satu tugas yang paling sering dilakukan dalam pemeliharaan, dengan mempertimbangkan pentingnya mengatur informasi dalam kategori yang benar — terutama untuk e-commerce.

Konten yang tidak terorganisir dengan baik adalah kesalahan yang dapat membingungkan pengguna Anda tentang langkah selanjutnya dalam situs web Anda. Namun, solusinya sederhana: tinjau, bagian demi bagian, halaman web Anda untuk mengklasifikasikan setiap konten di tempat yang seharusnya.

Cari link yang rusak

Pemeliharaan tautan internal dan eksternal harus menjadi salah satu prioritas dalam proses ini, karena ini dapat dimodifikasi dengan tindakan kecil seperti memindahkan, memodifikasi, atau menghapus file.

Dengan demikian, audit tautan harus dilakukan dengan frekuensi tertentu tergantung pada ukuran situs web Anda dan periode pembaruannya. Meski begitu, menemukan tautan yang rusak bisa menjadi tugas yang agak sulit.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan pemeriksa tautan untuk memverifikasi fungsi tautan yang benar di halaman Anda. Beberapa alat tersebut adalah:

Pemeriksaan Dr. Tautan;
Konsol Penelusuran Google ;
PeriksaTautan Saya;
Pemeriksa Tautan Rusak.

Perbarui desain, konten, dan fungsionalitas

The 90% dari pengguna internet telah ditinggalkan sebuah website karena buruk dirancang. Tingkat ini naik hingga 93% dalam hal desain responsif yang dieksekusi dengan buruk!

Di sisi lain, 51% perusahaan mengatakan bahwa memperbarui konten lama telah terbukti menjadi salah satu taktik Pemasaran Konten yang paling efisien .

Leave a Comment